Home » » Adu Canggih Ponsel Selfie, Oppo F1 vs Samsung Galaxy J7 (TEKNO UPDATE)

Adu Canggih Ponsel Selfie, Oppo F1 vs Samsung Galaxy J7 (TEKNO UPDATE)





OPPO F1 VS SAMSUNG GALAXY J7









Tren "selfie"  yang memanas serta menjamur sejak tahun lalu rupanya banyak menarik minak Vendor terkemuka untuk merilis smartphone yang bisa memuaskan hasrat fotografi diri dari para penggunannya. Nah salah satu yang semakin lama semakin terlihat jelas berkomitmen di pasar smartphone tanah air adalah Oppo yang mengandalkan perangkat selfie terbaru berjuluk F1. Dengan tagline "Selfie Expert" yang dibawa, mereka coba meyakinkan pengguna smartphone tanah air mengenai kemampuan F1 dalam potret diri. Namun langkah mereka tidaklah begitu mulus, dikarenakan sudah di dahului oleh Samsung yang juga mengklaim bahwa produknya ini, Galaxy J7 juga merupakan ahli dalam selfie. Tak urung, kedua smartphone ini harus berhadapan denhan membawa spesifikasi andalan masing-masing untuk berebut mencuri hati para pengguna, terutama kalangan muda. Berikut ini review spesifikasi Oppo F1 dan Samsung Galaxy J7.





SPESIFIKASI OPPO F1 VS SAMSUNG GALAXY J7






DESAIN


Desain unibody yang kali ini disuguhkan Oppo melalui F1 memang tak bisa dipungkiri ke elegananya. Tampilan premium dari desain ini tak lepas dari dukungan body metal. Smartphone anggun ini hadir dengan ketebalan hanya 7.3 mm, dengan keseluruhan dimensi tubuhnya berukuran 143.5 x 71 x 7.3 mm, dengan bobot hanya seberat 134 gram, F1 memang terasa nyaman dan ringan saat dalam genggaman. Secara umum, untuk tampilan fisik premium Oppo kembali sukses menghadirkannya. Disisi lawanya, secara garis besar desain Galaxy J7 mengingatkan pada Galaxy Note generasi pertama, dengan keempat sudut bodinya yang membulat. Meskipun kesannya membosankan, namun ternyata body yang sayangnya berbahan plastik ini terasa kokoh dan nyaman dalam genggaman. Dengan ketebalan hanya 7.9 mm dan bobot 169 gram, Galaxy J7 memang bisa tampil cukup menawan. Untuk smartphone berdimensi 152.2 x 79.1 mm ini, Samsung menyematkan tiga varian warna diantaranya Emas, Hitam dan Putih.



LAYAR



Salah satu faktor yang diunggulkan oleh Oppo F1 adalah layang yang lengkung 2.5D berlapis Gorilla Glass 4 yang menghasilkan bagian mukanya. Dengan ukuran ideal 5 inchi dan resolusi Full HD (1080 x 1920 pixels), layar ini mampu menyuguhkan kualitas tinggi dengan tampilan gambar warna lebih detail dan tentunya sangat tajam. Layar Full HD yang dibawanya ini memiliki kepadatan pixel mencapai 441ppi, serta diperkuat oleh panel Display yang memiliki sudut pandang layar mencapai 178 derajat.
Soal display Samsung Galaxy J7 dibekali layar berteknologi TFT seluas 5.5 inchi resolusi HD 720 x 1280 pikels. Kualitas gambar yang ditampilkan cukup tajam, walaupun sebenarnya masih kalah dari layar Galaxy J5 yang berkepadatan -294 ppi. Bagaimanapun dengan layar cukup luas ini, pengguna bisa nyaman menikmati konten multimedia, terutama saat menonton film ataupun bermain game. Sayangnya layar yang dimilikinya hadir tanpa lapisan pelindung, yang tentunya rentan goresan.




PERFORMA



Masuk ke sektor dapur pacu, Oppo F1 menawarkan spesifikasi cukup gahar. Dimulai dengan bekal Chipset Qualcomm Snapdragon 616 yang ditandemkan dengan prossesor Octa Core ARM Cortex A53 64 bit berkecepatan 1,7 GHz. Performa Oppo F1 juga semakin powerfull dengann benaman RAM sebesar 3 GB yang disandingkan dengan pengolah grafis besutan Adreno 405. Untuk penyimpanan, tersedia memori internal 16 GB yang diekspansi menggunakan MicroSD hingga 128 GB.
Lalu bagaimana dengan lawannya Samsung Galaxy  J7 ? Smarphone yang diliris pada Juni tahun lalu ini mengandalkan prossesor besutan mereka sendiri yakni Exynos 7580, yang berkecepatan Octa Core 1.5 GHz Cortex A53 serta dibuat dengan fabrikasi 20 nanometer. Untuk mendongkrak performanya, Galaxy J7 juga dibekali RAM sebesar 1.5 GB serta pengolah grafis Mali-T720MP2. Kapasitas memori internal yang ditawarkan sebesar 16 GB, dengan perluasan menggunakan MicroSD berkapasitas maksimal 128 GB.



SOFTWARE



Untuk platform, OPPO F1 sudah menggunakan OS Android 5.1 (Lollipop) yang siap; menerma update ke (Marshmallow). Pada anatarmukannya, Oppo menyematkan user interface kebanggaan mereka, Color OS 2.1, Antarmuka ini sendiri cukup simpel dan ramping, diisi sampai penuh dengan banyak animasi transisi, serta banyak styling serta pilihan kustomisasi. Berhubung tidak ada laci aplikasi dalam p;eluncur atau launchernya, jadi pengguna harus memanfaatkan panel layar awal, tanpa kerumitan.
Pada segi ini, Galaxy J7 tampil lebih memukau. Dengan sistem operasi Android (Lollipop) yang telah dioptimalkan dengan beragam fitur baru, seperti "Quick Launch" untuk akses kamera cepat dan aplikasi "Smart Manager" untuk status baterai, security antivirus, pemakaian RAM, dan sisa ruang penyimpanan, tak diragukan lagi bahwa smartphone ini memang menawarkan kenyamanan bagi penggunannya. 




KONEKTIVITAS



Area konektivitas Oppo F1 menyuguhkan beberapa pilihan, termasuk Dual SIM dan kemampuan mengakses internet pada jaringan 3G HSDPA, serta 4G LTE. Sayangnya Oppo F1 belum dilengkapi teknologi VOOC Flash Charge yang merupakan andalan Oppo untuk meningkatkan kecepatan isi daya baterai. Sebagai penunjang daya, tersedia baterai Li-Ion 2500 mAh. 
Lawanya Samsung Galaxy J7 juga mengusung deretan konektivitas yang tak jauh berbeda. Memiliki teknologi andalan 4G LTE dengan kecepatan akses internet mencapai 150 mbps. Untuk menunjang seluruh daya kerjanya, Samsung Galaxy J7 dengan baterai berkapasitas 3000 mAh. Salah satu fitur menarik yang dimilikinya adalah Radio FM yang sudah jarang kita jumpai di smartphone masa kini.





KAMERA



Area fotografi selalu menjadi salah satu yang menarik dibahas. Disini, Oppo F7 membekali kamera utama beresolusi cukup besar yakno 13 MP, yang kualitasnya tidak diragukan lagi, berkat dukungan BSI dan Phase Detection. Selain itu Oppo membekali LED Flash serta Autofocus dengan aperture f/2.0. Para penyuka selfie tidak perlu khawatir, karena dibagian depan sudah dibenamkan kamera beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 dan ukuran sensor ber type 1/4.
Serupa dengan lawanya, salah satu poin utama Galaxy J7 terletak pada bagian kamera depanya, yang menawarkan aperture f/1.9 dan lensa berkekuatan 13 MP. Kamera yang mengusung sensor BSI ini juga dilengkapi fitur fotografi modern seperti,  Autofocus, LED flash, Face detection, Panorama dan mampu mengambil video berkualitas Full HD 1080p. Sementara dibagian kamera depan sudah dibenamkan 5 MP yang dilengkapi LED flash plus, Fitur Wide Angel yang mencapai 85 derajat.









Demikian Adu Canggih Ponsel Selfie, Oppo F1 dan Samsung Galaxy J7, semoga bermanfaat bagi anda dan terimakasih telah berkunjung di blog kami.


Thanks for reading & sharing Bangdots

Previous
« Prev Post