Home » » Pengertian Keyboard Komputer dan Jenis Jenisnya

Pengertian Keyboard Komputer dan Jenis Jenisnya



PENGERTIAN KEYBOARD






Definisi Keyboard

Keyboard atau papan ketik merupakan perangkat masukan yang sering digunkan pada proses masukan. Fungsi dari keyboard untuk memasukan data dan perintah ke dalam komputer. Karateristik dan susunan keyboard hampir sama dengan mesin ketik manual seperti susunan alfabet QWERTY dan adanya tombol-tombol tambahan fungsi lainnya.


Jenis-Jenis Keyboard 

Secara fisik keyboard dapat dibedakan menjadi beberapa seperti dibawah ini,
  • Keyboard Serial
    Keyboard serial menggunkan DIN 5 male dan biasanya digunkan pada komputer tipe AT.
  • Keyboard PS/2
    Keyboard tipe ini biasanya digunakan pada komputer ATX. Saat ini yang paling banyak dipergunakaan. Pemasangan keyboar tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
  • Keyboard Wireless
    Keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai pennghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infrared, wifi maupun bluetooth.
  • Keyboard USB
    Keyboard ini menggunkan jenis konektor/kabel USB.

Macam-Macam Keyboard

  • Keyboard QWERTY Model
    Diciptakan oleh Christopher Latham Sholes, tahun 1870. Dirancang untuk memperlambat gerakan pemakaian sehingga mesin ketik tidak menyangkut. Pasangan huruf yang sering digunakan ditempatkan berjauhan untuk meningkatkan jarak pergerakan jari. Kecepatan rata-rata 150 kata per menit.
  • Keyboard Dvorak Model
    Diciptakan oleh August Dvorak dan Wiliam L Dealey tahun 1936. Dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari. Mempercepat ketikan hingga 200 ketikan per menit.
  • Keyboard ABCD Model
    Tombol-tombol disusun menurut abjadi. Tidak punya kelebihan dibanding tata ketak lainnya, karena itu tidak banyak dipakai.



Ya mungkin itu saja penjelasan sedikit tentang Keyboard, semoga bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami.



Thanks for reading & sharing Bangdots

Previous
« Prev Post