Home » » Pengertian, Sejarah dan Definisi Komputer Secara Umum

Pengertian, Sejarah dan Definisi Komputer Secara Umum



PENGERTIAN DAN DEFINISI KOMPUTER






Pengertian dan Definisi Komputer


Secara umum komputer diterjamahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data {input}, mengolah data {proses}, dan memberikan informasi {output} yang teroganisasi dibawah kontrol program yang tersimpan dalam memori. Istilah komputer mempunyai arti luas, kata komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung, dalam bahasa inggris disebut to compute.

Perkembangan komputer dimulai pada tahun 1940-an. Dengan perkembangannya tersebut saat ini telah dihasilkan komputer dengan kecepatan tinggi dan daya simpan yang besar dan memiliki kemampuan yang optimal. Dalam perkembangannya terdapat empat generasi komputer yang masing-masing generasi tersebut memiliki ciri tersendiri.
  1. Generasi Pertama, pada tahun 1941 oleh Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangan sebuah komputer.
  2. Generasi Kedua, pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vaccum yang ada pada televisi, radio dan komputer generasi pertama.
  3. Generasi Ketiga, mulai memperkenalkannya Integrated Circuit {IC} untuk menggantikan transistor. Integrated Circuit merupakan satu rangkaian elektronik lengkap dalah satu chip silikon yang kecil.
  4. Generasi Keempat, setelah IC dikembangkan lagi pembuatan komputer dengan menggunakan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik yang diberi nama Large Scale Integration {LSI} yang dapat memuat ratusan bahkan ribuan komponen dalam sebuah chip.

Mungkin sedikit tulisan saya ini bisa membantu membuka wawasan Anda tentang komputer, nantikan artikel kami selanjutnya. Terimakasih telah berkunjung diblog kami.




Thanks for reading & sharing Bangdots

Previous
« Prev Post